5 Des 2011

IYAN JAYA GARMENT DAPAT BERKAH BBJ 2009


Rabu, 15 Juli 2009


JEMBER – Dampak, dari gebyar Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) 2009 yang berjalan separuh waktu ini sangat dirasakan masyarakat. Terutama para perajin sablon kaos, pemilik garment dan konveksi di Kabupaten Jember. Mereka kebanjiran order pembuatan kaos BBJ, baik dari instansi pemerintah dan swasta.
Seperti yang dialami “Iyan Jaya Garment” di Jl Manggar XII / 32A Gebang Jember. “Kami ingin berpartisipasi mewarnai event BBJ 2009. Banyak order pembuatan kaos, topi dan umbul-umbul kita beri harga murah, tapi berkualitas, asal bisa mempekerjakan banyak orang,” ujar Farid pemilik “Iyan
Jaya Garment” Jember.
Diakuinya, keberadaan BBJ baginya tidak hanya merupakan berkah, tapi juga keberuntungan. Betapa tidak. Karena saat BBJ dimulai dia mendapat order ribuan potong kaos.
“Meski harganya berkisar Rp 10-40 ribu, tapi sangat bisa membantu warga sekitar sini dalam mengembangkan usahanya,” ujarnya.
Apalagi dalam BBJ 2009 berbeda dari tahun 2008. Usaha Garment yang ia tekuni sekarang ini bisa memberdayakan warga sekitar dan menyerap pekerja sebanyak 24 orang.
“Dengan BBJ dua kali ini kami bisa memperkerjakan pemuda sekitar usaha kami, ada sekitar 5-10 pekerja di luar pekerja tetap sekarang ini, ” paparnya.
Hanya saja sebagai pengusaha Garment dia mengingatkan kepada pelanggan di pemerintahan agar tidak perlu mencari Garment di luar Jember karena di Jember sudah cukup banyak dan sanggup mengerjakan ribuan potong kendati harus dikerjakan sesuai pesanan dan kualitasnya juga bisa bersaing.
Sebagai pengusaha Garment, memproduksi kaos, jaket, seragam, traning, jaket, topi, umbul-umbul sudah lama dia geluti.
“Apalagi di peringatan HUT RI ke 64 yang dikemas BBJ ini, kami sangat bersyukur sekali, karena bisa mengembangkan usaha semisal pin, tas souvenir dan sebagainya, ” ujarnya.
Kendati pangsa pasarnya telah tembus Bali, Surabaya, Jombang, Lumajang dan Wilayah Besuki. Dengan BBJ usahanya dapat memproduksi 2.000 potong sehari. Ada peningkatan dibanding tahun 2008, hanya 800-1000 per hari.
“Itupun dari para pelanggan saja, ” tambahnya.
Mengamati BBJ di tahun ketiga 2009 ini, sebagai pengusaha kecil sangat berharap tetap dilanjutkan. “BBJ ini sangat banyak manfaatnya bagi kami dan harus menjadi agenda tetap tahunan untuk rakyat Jember, ” tegasnya.
Senada dibeber Mukti - pekerja Garment “Iyan Jaya” – ini merasakan BBJ banyak manfaatnya. “Saya dapat pekerjaan menyablon dan menjahit sekarang bisa dilembur sampai dini hari, sehingga gajinya juga bisa bertambah, ” bebernya. kim

Posted by Koran Internet at Rabu, Juli 15, 2009
oleh:http://www.cendanapos.com/2009/07/iyan-jaya-garment-dapat-berkah-bbj-2009.html

Tidak ada komentar: