12 Mar 2012

Aktivitas Gunung Semeru fluktuatif


Lumajang (ANTARA News) - Aktivitas Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, masih fluktuatif.

Gunung Semeru pada Senin, tercatat mengeluarkan gempa embusan sebanyak 57 kali, tiga kali gempa tektonik jauh, satu kali gempa vulkanik dalam, satu kali guguran, dan sembilan kali gempa tremor, kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang, Hariyanto.

"Secara visual teramati cuaca di puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terlihat terang, angin tenang dengan suhu 23 derajat celcius dan status masih siaga," tuturnya.

Ia mengatakan BPBD Lumajang setiap hari mendapatkan laporan aktivitas Gunung Semeru dari petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di wilayah sejauh 4 km di seputar lereng tenggara kawah aktif, yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai jalur luncuran awan panas.next>>>

Tidak ada komentar: