28 Mar 2012

UGM luncurkan mobil listrik



 Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta meluncurkan mobil listrik "eSemar Xperimental" yang akan digunakan secara resmi sebagai sarana transportasi di lingkungan kampus.

Peluncuran mobil listrik tersebut dilakukan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Sudjarwadi dengan melakukan "test drive" mengelilingi halaman Balairung UGM Yogyakarta, Rabu.

Sudjarwadi mengatakan, peluncuran mobil listrik merupakan salah satu upaya yang dilakukan UGM untuk mewujudkan kampus "educopolis" yang bebas polusi dan kebisingan.

"Dengan dikembangkannya mobil listrik tersebut diharapkan semakin mengibarkan nama UGM di tingkat nasional dan internasional. Kami bangga dan berterima kasih pada tim yang telah mengembangkan mobil listrik itu," katanya.

Menurut dia, cita-cita UGM semakin terlihat jelas mampu melahirkan pemimpin-pemimpin dunia di berbagai bidang. Semoga mampu membuat UGM semakin dipercaya masyarakat baik nasional maupun internasional.


"Peluncuran kendaraan itu dirasakan tepat karena bersamaan dengan momentum akan dinaikannya harga bahan bakar minyak (BBM). Ke depan, mobil itu diharapkan bisa jadi solusi menghadapi kenaikan BBM dan bersifat ramah lingkungan," katanya.

Direktur Direktorat Pengelolaan dan Pemeliharaan Aset (DPPA) UGM Singgih Hawibowo mengatakan, mobil listrik itu merupakan salah satu upaya penyediaan layanan transportasi yang rendah emisi.

Menurut dia, layanan mobil listrik itu ditujukan bagi difabel, lansia, tamu VIP, dan warga kampus UGM yang berhalangan menempuh perjalanan dalam kampus dengan bersepeda atau berjalan.

 "Saat ini UGM baru mengoperasikan satu unit mobil listrik. Namun, kedepan secara bertahap akan dikembangkan lebih banyak lagi," katanya. next>>>




Tidak ada komentar: